ABSTRAK
Seni
abstrak menggunakan bahasa visual bentuk, warna dan garis untuk membuat
komposisi yang mungkin ada dengan tingkat kemerdekaan dari referensi
visual di dunia. Seni
Barat telah, dari Renaissance sampai pertengahan abad ke-19, didukung
oleh logika perspektif dan upaya untuk mereproduksi ilusi realitas
terlihat. Seni
budaya lain dari Eropa telah menjadi diakses dan menunjukkan cara-cara
alternatif untuk menggambarkan pengalaman visual untuk artis. Pada
akhir abad ke-19 banyak seniman merasa perlu untuk menciptakan jenis
baru seni yang akan mencakup perubahan mendasar yang terjadi dalam
teknologi, ilmu pengetahuan dan filsafat. Sumber
dari mana individu seniman menarik argumentasi teoritis mereka beragam,
dan mencerminkan keasyikan sosial dan intelektual dalam semua bidang
budaya Barat pada waktu itu.
Seni abstrak, seni nonfigurative, seni nonobjective, dan seni nonrepresentational secara longgar istilah terkait. Mereka adalah serupa, meskipun mungkin tidak makna identik.
Abstraksi menunjukkan keberangkatan dari realitas dalam penggambaran citra dalam seni. Ini keberangkatan dari representasi akurat dapat hanya sedikit, atau dapat parsial, atau bisa lengkap. Abstraksi ada di sepanjang kontinum. Bahkan seni yang bertujuan untuk verisimilitude dari tingkat tertinggi dapat dikatakan abstrak, setidaknya secara teoritis, karena representasi sempurna mungkin akan sangat sulit dipahami. Karya seni yang membutuhkan kebebasan, misalnya mengubah untuk warna dan bentuk dengan cara yang mencolok, bisa dikatakan sebagian abstrak. Jumlah abstraksi beruang tidak ada jejak apapun referensi terhadap apa pun dikenali. Dalam abstraksi geometris, misalnya, satu adalah mungkin untuk menemukan referensi untuk entitas naturalistik. Seni figuratif dan abstraksi total hampir saling eksklusif. Tapi figuratif dan representasional (atau realistis) seni sering mengandung abstraksi parsial.
Baik abstraksi geometris dan abstraksi liris sering benar-benar abstrak. Di antara gerakan seni yang sangat banyak yang mewujudkan abstraksi parsial akan untuk fauvism contoh di mana warna mencolok dan sengaja diubah vis-a-vis realitas, dan kubisme, yang terang-terangan mengubah bentuk dari entitas kehidupan nyata digambarkan
Seni abstrak, seni nonfigurative, seni nonobjective, dan seni nonrepresentational secara longgar istilah terkait. Mereka adalah serupa, meskipun mungkin tidak makna identik.
Abstraksi menunjukkan keberangkatan dari realitas dalam penggambaran citra dalam seni. Ini keberangkatan dari representasi akurat dapat hanya sedikit, atau dapat parsial, atau bisa lengkap. Abstraksi ada di sepanjang kontinum. Bahkan seni yang bertujuan untuk verisimilitude dari tingkat tertinggi dapat dikatakan abstrak, setidaknya secara teoritis, karena representasi sempurna mungkin akan sangat sulit dipahami. Karya seni yang membutuhkan kebebasan, misalnya mengubah untuk warna dan bentuk dengan cara yang mencolok, bisa dikatakan sebagian abstrak. Jumlah abstraksi beruang tidak ada jejak apapun referensi terhadap apa pun dikenali. Dalam abstraksi geometris, misalnya, satu adalah mungkin untuk menemukan referensi untuk entitas naturalistik. Seni figuratif dan abstraksi total hampir saling eksklusif. Tapi figuratif dan representasional (atau realistis) seni sering mengandung abstraksi parsial.
Baik abstraksi geometris dan abstraksi liris sering benar-benar abstrak. Di antara gerakan seni yang sangat banyak yang mewujudkan abstraksi parsial akan untuk fauvism contoh di mana warna mencolok dan sengaja diubah vis-a-vis realitas, dan kubisme, yang terang-terangan mengubah bentuk dari entitas kehidupan nyata digambarkan
Artikel utama: seni prasejarah dan sejarah seni TimurBanyak seni budaya sebelumnya - tanda dan tanda di atas keramik, tekstil, dan prasasti dan lukisan di atas batu - yang sederhana, geometris dan linier bentuk-bentuk yang mungkin punya tujuan simbolis atau dekoratif Hal ini pada tingkat visual. yang berarti bahwa seni abstrak berkomunikasi. Satu dapat menikmati keindahan kaligrafi Cina atau kaligrafi Islam tanpa bisa membacanya. abad ke-19Artikel utama: Romantisisme, Impresionisme, Post-Impresionisme, Ekspresionisme danTiga gerakan seni yang berkontribusi pada perkembangan seni abstrak Romantisisme, Impresionisme dan Ekspresionisme. Kemerdekaan artistik bagi para seniman adalah lanjutan selama abad ke-19. Patronase dari patronase gereja berkurang dan swasta dari masyarakat menjadi lebih mampu memberikan mata pencaharian bagi para seniman.James McNeill Whistler, Nocturne in Black dan Gold: The Rocket Jatuh (1874), Institut Seni Detroit. Sebuah abstraksi dekat, pada tahun 1877 Whistler menggugat kritikus seni John Ruskin untuk pencemaran nama baik setelah kritikus mengecam lukisan itu Nocturne in Black dan Gold: The Rocket Jatuh. Ruskin menuduh Whistler dari "meminta dua ratus guinea untuk melemparkan pot cat di wajah publik."
Isyarat awal dari sebuah seni baru telah dibuat oleh James McNeill Whistler yang, dalam bukunya lukisan Nocturne in Black dan Gold: The Rocket jatuh, (1872), penekanan lebih besar pada sensasi visual daripada penggambaran objek. Sebuah kepentingan obyektif dalam apa yang dilihat, bisa dilihat dari lukisan John Constable, JMW Turner, Camille Corot dan dari mereka ke Impresionis yang melanjutkan lukisan plein udara dari sekolah Barbizon. Paul Cézanne mulai sebagai suatu impresionis tapi tujuannya - untuk membuat sebuah konstruksi logis dari realitas didasarkan pada pandangan dari satu titik, dengan warna termodulasi di daerah datar - menjadi dasar dari seni visual baru, yang kemudian dikembangkan ke Kubisme oleh Georges Braque dan Pablo Picasso.Pelukis ekspresionis dieksplorasi penggunaan berani permukaan cat, gambar distorsi dan membesar-besarkan, dan warna intens. Ekspresionis diproduksi lukisan emosional yang reaksi dan persepsi pengalaman kontemporer, dan reaksi terhadap impresionisme dan arah yang lebih konservatif lainnya lukisan akhir abad 19. Para Ekspresionis berubah drastis penekanan pada materi yang dibahas dalam mendukung penggambaran keadaan psikologis menjadi. Meskipun artis seperti Edvard Munch dan James Ensor menarik pengaruh terutama dari karya-Post Impresionis mereka berperan untuk munculnya abstraksi di abad 20.Henri Matisse, Tirai Kuning, 1915. Dengan warna dan gambar Fauvist Matisse sangat dekat dengan abstraksi murni.Selain itu dalam akhir abad 19 dalam mistisisme dan filsafat Eropa Timur religius modernis awal seperti yang diungkapkan oleh theosophist Mme. Blavatsky memiliki dampak besar pada seniman pelopor geometris seperti Wassily Kandinsky, dan Hilma af Klint. Ajaran mistis dari Georges Gurdjieff dan PD Ouspensky juga memiliki pengaruh penting pada formasi awal gaya abstrak geometris Piet Mondrian dan rekan-rekannya di awal abad 20. abad ke-20Artikel utama: lukisan Barat, Fauvism, dan KubismePosting impresionisme seperti yang dilakukan oleh Paul Gauguin, Georges Seurat, Vincent van Gogh dan Paul Cézanne memiliki dampak yang sangat besar pada seni abad ke-20 dan menyebabkan munculnya abstraksi abad ke-20. Warisan dari pelukis seperti Van Gogh, Cezanne, Gauguin, dan Seurat sangat penting untuk perkembangan seni rupa modern. Pada awal abad ke-20 Henri Matisse dan beberapa seniman muda lainnya termasuk pra-Georges Braque cubist, André Derain, Raoul Dufy dan Maurice de Vlaminck merevolusi dunia seni Paris dengan "liar", multi-warna, ekspresif, lanskap dan figur lukisan yang disebut para kritikus Fauvism. Dengan penggunaan warna ekspresif dan bebas dan imajinatif gambarnya Henri Matisse sangat dekat dengan abstraksi murni di Jendela Prancis di Collioure, (1914), Lihat Notre-Dame, (1914), dan The Tirai Kuning dari 1915. Bahasa baku warna yang dikembangkan oleh Fauves langsung dipengaruhi pelopor lain abstraksi Wassily Kandinsky (lihat ilustrasi).Meskipun Kubisme akhirnya tergantung pada materi pelajaran, menjadi, bersama dengan Fauvism, gerakan seni yang secara langsung membuka pintu untuk abstraksi di abad 20. Pablo Picasso membuat lukisan kubisme pertama didasarkan pada ide bahwa semua Cézanne penggambaran alam dapat dikurangi menjadi tiga padatan: kubus, bola dan kerucut. Dengan lukisan Les Demoiselles d'Avignon 1907, Picasso dramatis menciptakan sebuah gambar baru dan radikal yang menggambarkan adegan bordil mentah dan primitif dengan lima pelacur, wanita keras dicat, mengingatkan masker suku Afrika dan memiliki penemuan barunya Kubisme. Kubisme analitik bersama-sama dikembangkan oleh Pablo Picasso dan Georges Braque, dari sekitar 1908 melalui 1912. Analytic kubisme, manifestasi yang jelas pertama kubisme, diikuti oleh kubisme sintetis, dipraktekkan oleh Braque, Picasso, Fernand Léger, Juan Gris, Albert Gleizes, Marcel Duchamp dan seniman lain yang tak terhitung ke dalam 1920-an. Kubisme sintetis ditandai oleh pengenalan tekstur yang berbeda, permukaan, elemen kolase, papier Colle dan berbagai macam subyek bergabung. Seniman kolase seperti Schwitters Kurt dan Man Ray dan lain-lain mengambil petunjuk dari Kubisme adalah instrumental bagi perkembangan gerakan yang disebut Dada.Penyair Italia Marinetti diterbitkan 'Para Pendiri dan Manifesto Futurism'in 1909, yang menginspirasi seniman seperti Carlo Carra di, Lukisan Suara, Suara-suara dan Bau dan Umberto Boccioni Kereta in Motion, 1911, ke tahap lebih lanjut dari abstraksi dan sangat dipengaruhi gerakan seni di seluruh Eropa.Pada tahun 1913 penyair bernama Guillaume Appollinaire karya Robert dan Sonia Delaunay, Orphism. Ia mendefinisikannya sebagai, seni lukis struktur baru dari unsur-unsur yang belum dipinjam dari bidang visual, tetapi telah dibuat sepenuhnya oleh seniman ... itu adalah seni murni.Sejak pergantian abad hubungan budaya antara seniman dari kota-kota besar Eropa dan Amerika telah menjadi sangat aktif karena mereka berusaha menciptakan sebuah bentuk seni sama dengan aspirasi yang tinggi modernisme. Ide mampu membuahi lintas melalui buku seniman, pameran dan wawasan sehingga banyak sumber terbuka untuk eksperimentasi dan diskusi, dan membentuk dasar untuk keragaman mode abstraksi. Kutipan berikut dari, 'Dunia Backwards', memberikan beberapa kesan keterkaitan antar-budaya pada saat itu:
'Pengetahuan David Burliuk dari gerakan seni modern harus telah sangat up-to-date, untuk bajingan kedua pameran Diamonds, yang diadakan pada bulan Januari 1912 (di Moskow) mencakup tidak lukisan hanya dikirim dari Munich, tetapi beberapa anggota Brücke Jerman Die kelompok, sedangkan dari Paris datang bekerja dengan Robert Delaunay, Henri Matisse dan Fernand Léger, serta Picasso. Selama musim semi David Burliuk memberikan dua ceramah pada kubisme dan merencanakan publikasi polemik, yang bajingan Diamonds adalah untuk membiayai. Dia pergi ke luar negeri pada bulan Mei dan kembali bertekad untuk menyaingi almanak Der Blaue Reiter yang telah muncul dari printer sementara ia berada di 'Jerman.Dengan 1911 karya eksperimental banyak dalam pencarian untuk 'seni murni' telah diciptakan. František Kupka telah dicat pekerjaan Orphist, 'Disc Newton'. Para Rayist (Luchizm) gambar Natalia Goncharova dan Mikhail Larionov, garis digunakan seperti sinar cahaya untuk membuat konstruksi. Kasimir Malevich menyelesaikan pekerjaan pertama sepenuhnya abstrak, Suprematist ini, 'Black Square, pada tahun 1915. Lain dari kelompok Suprematist 'Liubov Popova, menciptakan Konstruksi dan Konstruksi Angkatan arsitektonis Spasial antara 1916 dan 1921. Piet Mondrian itu berkembang bahasa abstrak, garis horizontal dan vertikal dengan empat persegi panjang warna, antara tahun 1915 dan 1919, Neo-Plasticism adalah estetika yang Mondrian, Theo van Doesburg dan lainnya dalam kelompok De Stijl dimaksudkan untuk membentuk kembali lingkungan di masa depan . MusikWassily Kandinsky, Pada Putih 2, 1923Seni visual, karena menjadi lebih abstrak menjadi lebih seperti musik: suatu bentuk seni yang menggunakan unsur-unsur abstrak suara dan pembagian waktu. Wassily Kandinsky, dirinya seorang musisi, terinspirasi oleh kemungkinan tanda dan warna asosiatif gemilang dalam jiwa. Ide telah diajukan oleh Charles Baudelaire, bahwa semua indera kita merespon berbagai rangsangan indra tetapi terhubung pada tingkat yang lebih estetis.Erat berhubungan dengan ini, adalah gagasan bahwa seni memiliki Dimensi spiritual dan dapat melampaui pengalaman 'setiap hari-', mencapai pesawat rohani. Theosophical Society mempopulerkan kebijaksanaan kuno dari buku-buku suci di India dan Cina di tahun-tahun awal abad ini. Dalam konteks ini bahwa Piet Mondrian, Wassily Kandinsky, Hilma af Klint dan seniman lain yang bekerja menuju suatu 'negara tanpa tujuan' menjadi tertarik pada okultisme sebagai cara untuk menciptakan sebuah 'batin' objek. Bentuk universal dan abadi ditemukan dalam geometri: lingkaran, persegi dan segitiga menjadi unsur-unsur spasial dalam seni abstrak; mereka, seperti warna, sistem fundamental yang mendasari realitas terlihat. avant garde-RusiaArtikel utama: Rusia avant-garde dan Futurisme (seni)Banyak seniman abstrak di Rusia menjadi Konstruktivis percaya bahwa seni tidak lagi sesuatu yang terpencil, tapi kehidupan itu sendiri. Seniman harus menjadi seorang teknisi, belajar untuk menggunakan alat dan bahan produksi modern. Seni ke dalam hidup! Vladimir Tatlin adalah slogan, dan bahwa dari semua Contructivist masa depan. Varvara Stepanova dan Alexandre Exter dan lain-lain ditinggalkan lukisan kuda-kuda dan dialihkan energi mereka untuk merancang teater dan karya grafis. Di sisi lain berdiri Kazimir Malevich, Anton Naum Gabo dan Pevsner. Mereka berpendapat bahwa seni pada dasarnya merupakan kegiatan spiritual, untuk menciptakan tempat individu dalam dunia, bukan untuk mengatur kehidupan dalam arti, praktis materialistis. Banyak dari mereka yang memusuhi ide produksi materialis seni meninggalkan Rusia. Anton Pevsner pergi ke Perancis, Gabo pergi pertama ke Berlin, lalu ke Inggris dan akhirnya ke Amerika. Kandinsky belajar di Moskow kemudian berangkat ke Bauhaus. Pada pertengahan tahun 1920-an masa revolusi (1917-1921) ketika seniman telah bebas untuk bereksperimen telah berakhir;. Dan oleh 1930-an seni realis sosial hanya diperbolehkan BauhausBauhaus di Weimar, Jerman didirikan pada tahun 1919 oleh Walter Gropius . Filosofi yang mendasari program pengajaran adalah kesatuan dari semua seni visual dan plastik dari arsitektur dan lukisan untuk tenun dan kaca patri. Filosofi ini telah berkembang dari ide-ide dan gerakan Kerajinan Seni di Inggris dan Deutscher Werkbund. Diantara para guru adalah Paul Klee, Wassily Kandinsky, Johannes Itten, Josef Albers, Anni Albers, Theo van Doesburg dan Laszlo Moholy-Nagy. Pada tahun 1925 sekolah itu pindah ke Dessau dan, sebagai partai Nazi menguasai pada tahun 1932, The Bauhaus ditutup. Pada tahun 1937 sebuah pameran seni merosot, 'Entartete Kunst' berisi semua jenis seni avant-garde setuju dengan partai Nazi. Lalu Eksodus mulai: tidak hanya dari Bauhaus tetapi dari Eropa pada umumnya; ke Paris, London dan Amerika. Paul Klee pergi ke Swiss, tetapi banyak seniman di Bauhaus pergi ke Amerika. Abstraksi di Paris dan LondonKurt Schwitters, Das Undbild, 1919, Staatsgalerie StuttgartSelama tahun 1930-an Paris menjadi tuan rumah untuk seniman dari Rusia, Jerman, Belanda dan negara Eropa lainnya yang terpengaruh oleh munculnya totalitarianisme. Sophie Tauber dan Jean Arp berkolaborasi pada lukisan dan patung menggunakan bentuk-bentuk organik / geometris. Polandia Katarzyna Kobro diterapkan matematis berbasis ide patung. Banyak jenis abstraksi sekarang di dekat menyebabkan upaya oleh seniman untuk menganalisis pengelompokan konseptual dan estetika berbagai. Sebuah pameran dengan empat puluh enam anggota kelompok et Cercle Carré diselenggarakan oleh Michel Seuphor yang terkandung bekerja dengan Neo-Plasticists serta abstractionists beragam seperti Kandinsky, Anton Pevsner dan Schwitters Kurt. Dikritik oleh Theo van Doesburg terlalu terbatas koleksi ia menerbitkan jurnal Concret Seni menetapkan sebuah manifesto mendefinisikan seni abstrak di mana garis, warna dan permukaan saja, adalah realitas konkret Abstraksi-Creation didirikan pada tahun 1931 sebagai. kelompok yang lebih terbuka, memberikan titik acuan bagi seniman abstrak, karena situasi politik yang memburuk pada tahun 1935, dan seniman kembali bergabung kembali, banyak di London. Pameran pertama dari seni abstrak Inggris diselenggarakan di Inggris pada tahun 1935. Tahun berikutnya pameran Abstrak dan Beton lebih internasional ini diselenggarakan oleh Nicolete Gray termasuk bekerja dengan Piet Mondrian, Joan Miró, Barbara Hepworth dan Ben Nicholson. Hepworth, Nicholson dan Gabo pindah ke St Ives kelompok di Cornwall untuk terus 'konstruktivis' mereka bekerja. Amerika: pertengahan abadArtikel utama: Modernisme, modernisme Akhir, Modernisme Amerika, dan SurealismeSelama bangkitnya Nazi berkuasa di tahun 1930-an banyak seniman Eropa melarikan diri ke Amerika Serikat. Pada awal 1940-an gerakan-gerakan utama dalam seni modern, ekspresionisme, kubisme, abstraksi, surealisme, dan papa diwakili di New York: Marcel Duchamp, Fernand Léger, Piet Mondrian, Jacques Lipchitz, Max Ernst, André Breton, hanya beberapa orang Eropa yang tiba diasingkan di New York . Para pengaruh budaya yang kaya yang dibawa oleh seniman Eropa suling dan dibangun di atas oleh masyarakat lokal York pelukis Baru. Iklim kebebasan di New York memungkinkan semua pengaruh ini untuk berkembang. Galeri seni yang terutama telah difokuskan pada seni Eropa mulai memperhatikan komunitas seni lokal dan karya seniman Amerika yang lebih muda yang sudah mulai matang. Beberapa seniman ini menjadi jelas abstrak dalam pekerjaan dewasa mereka. Beberapa seniman dari periode menantang kategorisasi, seperti Georgia O'Keeffe yang, sementara abstractionist modernis, adalah seorang maverick murni dalam bahwa ia melukis bentuk-bentuk yang sangat abstrak sementara tidak bergabung dengan kelompok tertentu periode. Akhirnya seniman Amerika yang bekerja dalam keragaman besar gaya mulai menyatu ke dalam kelompok gaya kohesif. Kelompok yang dikenal terbaik dari seniman Amerika dikenal sebagai ekspresionis Abstrak dan New York Sekolah. Di New York City ada suasana yang mendorong diskusi dan ada kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Seniman dan guru John D. Graham dan Hans Hofmann menjadi tokoh jembatan penting antara modernis Eropa yang baru tiba dan seniman Amerika muda yang datang usia. Mark Rothko, lahir di Rusia, dimulai dengan citra sangat surealis yang kemudian dilarutkan ke dalam komposisi yang kuat warna awal 1950-an. Gerakan ekspresionis dan tindakan lukisan itu sendiri, menjadi kepentingan utama ke Jackson Pollock dan Franz Kline. Sementara selama 1940-an Arshile Gorky dan karya figuratif Willem de Kooning yang berkembang menjadi abstraksi pada akhir dekade ini. New York City menjadi pusat, dan seniman di seluruh dunia tertarik ke arah itu;. Dari tempat lain di Amerika serta Abstraksi di abad 21Artikel utama: Abstrak ekspresionisme, lapangan Warna, abstraksi Lyrical, Post-painterly abstraksi, Patung, dan seni MinimalSebuah gagasan yang umum dipegang adalah bahwa pluralisme mencirikan seni di awal abad ke-21. Tidak ada konsensus, juga perlu ada menjadi, sebagaimana pada gaya perwakilan zaman. Ada sesuatu berjalan sikap yang berlaku, sebuah "segala sesuatu yang terjadi pada", dan akibatnya "tidak terjadi" sindrom, ini menciptakan kemacetan lalu lintas estetika dengan tidak tegas dan arah yang jelas dan dengan setiap jalur pada superhighway artistik terisi penuh. Akibatnya karya megah dan penting seni terus dilakukan meskipun dalam berbagai gaya dan temperamen estetika, pasar ditinggalkan untuk menilai prestasi.Seni digital, komputer seni, internet seni, keras-tepi lukisan, abstraksi geometris, perampasan, hyperrealism, photorealism, ekspresionisme, minimalis, abstraksi liris, pop art, op seni, abstrak ekspresionisme, warna lukisan lapangan, lukisan monokrom, neo-ekspresionisme, kolase, decollage, intermedia, assemblage, lukisan digital, seni postmodern, neo-Dada lukisan, lukisan kanvas berbentuk, lukisan mural lingkungan, grafiti, lukisan gambar, lukisan pemandangan, lukisan potret, adalah arah terus dan saat ini beberapa pada awal abad ke-21.Ke abstraksi abad ke-21 masih sangat banyak dalam tampilan, tema-tema utama: transendental, yang kontemplatif dan abadi yang exempified oleh Barnett Newman, John McLaughlin, dan Agnes Martin serta seniman muda yang hidup. Seni sebagai Obyek seperti yang terlihat pada patung Minimalis Donald Judd dan lukisan dari Frank Stella masih terlihat hari ini di permutasi baru. Para, Abstraksi puitis Lyrical dan penggunaan warna sensual terlihat dalam karya pelukis beragam seperti Robert Motherwell, Patrick Heron, Kenneth Noland, Sam Francis, Cy Twombly, Richard Diebenkorn, Helen Frankenthaler, Joan Mitchell, antara lain.Ada kebangkitan setelah perang dan masuk ke tahun 1950-an dari kiasan, sebagai neo-Dada, Fluxus, terjadi, seni konseptual, neo-ekspresionisme, seni instalasi, seni pertunjukan, seni video dan seni pop telah datang untuk menandai usia konsumerisme . Perbedaan antara seni abstrak dan figuratif telah, selama dua puluh tahun terakhir, menjadi kurang didefinisikan meninggalkan jangkauan yang lebih luas ide untuk semua artis.
0 komentar:
Posting Komentar